Istilah NETWORK #PART 1
=>PENGERTIAN INTERNET , INTRANET DAN EKSTRANET
1. Pengertian Internet
Internet yang berasal dari kata Interconnection
Networking yang mempunyai arti hubungan komputer dengan berbagai tipe yang
membentuk sistem jaringan yang mencakup seluruh dunia (jaringan komputer
global) dengan melalui jalur telekomunikasi seperti telepon, radio link,
satelit dan lainnya.
Dalam mengatur integrasi dan komunikasi
jaringan komputer ini digunakan protokol yaitu TCP/IP. TCP (Transmission
Control Protocol) bertugas memastikan bahwa semua hubungan bekerja dengan
benar, sedangkan IP (Internet Protocol) yang mentransmisikan data dari satu
komputer ke komputer lain. TPC/IP secara umum berfungsi memilih rute terbaik
transmisi data, memilih rute alternatif jika suatu rute tidak dapat di gunakan,
mengatur dan mengirimkan paket-paket pengiriman data.
Untuk dapat ikut serta menggunakan fasilitas
Internet, biasanya Anda harus berlangganan ke salah satu ISP (Internet Service
Provider) yang ada di kota Anda. ISP ini biasanya disebut penyelenggara jasa
internet ataupun Anda dapat menggunakan fasilitas dari Telkom yakni Telkomnet
Instan.
Dengan memanfaatkan internet, pemakaian
komputer di seluruh dunia dimungkinkan untuk salingberkomunikasi dan pemakaian
bersama informasi dengan cara saling kirim e-mail, menghubungkan ke komputer
lain, mengirim dan menerima file, membahas topik tertentu pada newsgroup dan
lain-lain.
Fasilitas Internet
Fasilitas-Fasilitas yang dapat di manfaatkan
dengan menggunakan internet, diantaranya :
- Web, adalah fasilitas hypertext untuk menampilkan data berupa teks, gambar, bunyi, animasi dan data multimedia lainnya, yang diantara data tersebut saling berhubungan satu sama lain. Untuk memudahkan Anda membaca data dan informasi tesebut Anda dapat mempergunakan web browser seperti Internet Explorer ataupun Netscape.
- Web, adalah fasilitas hypertext untuk menampilkan data berupa teks, gambar, bunyi, animasi dan data multimedia lainnya, yang diantara data tersebut saling berhubungan satu sama lain. Untuk memudahkan Anda membaca data dan informasi tesebut Anda dapat mempergunakan web browser seperti Internet Explorer ataupun Netscape.
- E-Mail (Electronic Mail), dengan
fasilitas ini Anda dapat mengirim dan menerima surat elektronik (e-mail)
pada/dari pemakai komputer lain yang terhubung di internet, dan dapat
menyertakan file sebagai lampiran (attachment).
- Newsgroup, fasilitas ini digunakan untuk mendistribusikan artikel, berita, tanggapan, surat, penawaran ataupun file ke pemakai internet lain yang tergabung dengan kelompok diskusi untuk topik tertentu. Dengan fasilitas ini pula Anda dapat melakukan diskusi, seminar ataupun konferensi dengan cara elektronik tanpa terikat waktu, ruang dan tempat.
- Newsgroup, fasilitas ini digunakan untuk mendistribusikan artikel, berita, tanggapan, surat, penawaran ataupun file ke pemakai internet lain yang tergabung dengan kelompok diskusi untuk topik tertentu. Dengan fasilitas ini pula Anda dapat melakukan diskusi, seminar ataupun konferensi dengan cara elektronik tanpa terikat waktu, ruang dan tempat.
-
FTP (File Transfer Protocol), fasilitas ini digunakan untuk
menghubungkan ke server computer tertentu dan bila perlu menyalin (download)
file yang Anda butuhkan dari server tersebut dan menyimpannya di komputer Anda.
Istilah-Istilah Yang Sering Digunakan dalam
Internet, diantaranya yaitu:
- WWW (World Wide Web), merupakan kumpulan web server dari seluruh dunia yang berfungsi menyediakan data dan informasi untuk digunakan bersama. Berbagai informasi dapat Anda temukan pada WWW, seperti informasi politik, ekonomi, sosial, budaya, sastra, sejarah, teknologi, pendidikan dan sebagainya. Kita dapat mengumpamakan WWW ini merupakan perpustakaan besar yang menyediakan berbagai informasi yang dibutuhkan.
- WWW (World Wide Web), merupakan kumpulan web server dari seluruh dunia yang berfungsi menyediakan data dan informasi untuk digunakan bersama. Berbagai informasi dapat Anda temukan pada WWW, seperti informasi politik, ekonomi, sosial, budaya, sastra, sejarah, teknologi, pendidikan dan sebagainya. Kita dapat mengumpamakan WWW ini merupakan perpustakaan besar yang menyediakan berbagai informasi yang dibutuhkan.
- Web Site (Situs Web), merupakan
tempat penyimpanan data dan informasi dengan berdasarkan topik tertentu.
Diumpamakan situs Web ini adalah sebuah buku yang berisi topik tertentu.
- Web Pages (Halaman Web), merupakan
sebuah halaman khusus dari situs Web tertentu. Diumpamakan halaman Web ini
adalah sebuah halaman khusus buku dari situs Web tertentu.
- Homepage, merupakan sampul halaman
yang berisi daftar isi atau menu dari sebuah situs Web.
-
Browser, merupakan program aplikasi yang digunakan untuk memudahkan Anda
melakukan navigasi berbagai data dan informasi pada WWW.
Manfaat internet
Secara umum ada banyak manfaat yang dapat
diperoleh apabila seseorang mempunyai akses ke internet .Berikut ini sebagian
dari apa yang tersedia di internet: 1. Informasi untuk kehidupan pribadi
:kesehatan, rekreasi, hobby, pengembangan pribadi, rohani, sosial. 2. Informasi
untuk kehidupan profesional/pekerja :sains, teknologi, perdagangan, saham,
komoditas, berita bisnis, asosiasi profesi, asosiasi bisnis, berbagai forum
komunikasi.
2. Pengertian Intranet
Intranet adalah sebuah jaringan komputer
berbasis protokol TCP/IP seperti internet hanya saja digunakan dalam internal
perusahaan, kantor, bahkan warung internet (WARNET) pun dapat di kategorikan
Intranet. Antar Intranet dapat saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya
melalui sambungan Internet yang memberikan tulang punggung komunikasi jarak
jauh. Akan tetapi sebetulnya sebuah Intranet tidak perlu sambungan luar ke
Internet untuk berfungsi secara benar. Intranet menggunakan semua protocol
TCP/IP Protokol TCP/IP, alamat IP, dan protokol lainnya), klien dan juga
server. Protokol HTTP dan beberapa protokol Internet lainnya (FTP, POP3, atau
SMTP) umumnya merupakan komponen protokol yang sering digunakan. sebuah
intranet dapat dipahami sebagai sebuah versi pribadi dari jaringan Internet,
atau sebagai sebuah versi dari Internet yang dimiliki oleh sebuah organisasi.
Jika sebuah badan usaha / bisnis / institusi
mengekspose sebagian dari internal jaringannya ke komunitas di luar, hal ini di
sebut ekstranet. Memang biasanya tidak semua isi intranet di keluarkan ke
publik untuk menjadikan intranet menjadi ekstranet. Misalnya kita sedang
membeli software, buku dll dari sebuah e-toko, maka biasanya kita dapat
mengakses sebagian dari Intranet toko tersebut. Badan usaha / perusahaan dapat
memblokir akses ke intranet mereka melalui router dan meletakan firewall.
Firewall adalah sebuah perangkat lunak / perangkat keras yang mengatur akses
seseorang kedalam intranet. Proteksi dilakukan melalui berbagai parameter
jaringan apakah itu IP address, nomor port dll. Jika firewall di aktifkan maka
akses dapat dikontrol sehingga kita hanya dapat mengakses sebagian saja dari
Intranet perusahaan tersebut yang kemudian dikenal sebagai extranet.
Kegunaan intranet
Dasarnya perangkat lunak aplikasi yang
digunakan di Intranet tidak berbeda jauh dengan yang digunakan di Internet. Di
Intranet digunakan Web, e-mail dll. persis seperti yang digunakan di Intranet.
WARNET sebetulnya intranet yang sangat sederhana sekali, kebetulan tidak ada
content yang khusus / spesifik yang internal di warnet tsb.
Web dengan perangkat database di belakangnya,
biasanya merupakan alat bantu paling potensial untuk melakukan 2 hal utama
yaitu:
1. Membuat perusahaan / institusi menjadi semakin effisien, pendekatan yang dilakukan disini biasanya membuat system informasi manajemen yang berbasis Web & database. Cukup banyak rasanya orang di Indonesia yang mengerti masalah MIS ini. Jika MIS / ERP perusahaan telah ditata dengan baik langkah selanjutnya biasanya mengarah ke e-commerce (dagang melalui Internet). Perlu dicatat bahwa sebaiknya jangan masuk terlalu jauh ke e-commerce jika system backoffice MIS / ERP perusahaan tsb belum siap, karena akan tampak sekali cacatnya.
1. Membuat perusahaan / institusi menjadi semakin effisien, pendekatan yang dilakukan disini biasanya membuat system informasi manajemen yang berbasis Web & database. Cukup banyak rasanya orang di Indonesia yang mengerti masalah MIS ini. Jika MIS / ERP perusahaan telah ditata dengan baik langkah selanjutnya biasanya mengarah ke e-commerce (dagang melalui Internet). Perlu dicatat bahwa sebaiknya jangan masuk terlalu jauh ke e-commerce jika system backoffice MIS / ERP perusahaan tsb belum siap, karena akan tampak sekali cacatnya.
2. Membuat perusahaan / institusi menjadi
semakin kompetitif di dunia-nya. Bahkan jika mungkin menjadi pemimpin dalam
usahanya. Membuat sebuah badan menjadi kompetitif hanya mungkin dilakukan jika
kita dapat mengolah secara baik sumber daya manusia & sumber daya pengetahuan
yang ada di internal badan / perusahaan tersebut. Ilmu / konsep yang berkaitan
dengan hal ini adalah konsep knowledge management. Dasarnya adalah bagaimana
kita melakukan percepatan proses daur ulang, analisis, sintesa dari pengetahuan
baik itu yang bersifat implicit maupun eksplisit. Masih jarang ahli di
Indonesia yang menguasai teknik tsb, sebetulnya yang paling baik proses
penguasaan teknik ini adalah para pustakawan.
3. Pengertian Extranet
Extranet atau Ekstranet adalah jaringan
pribadi yang menggunakan protokol internet dan sistem telekomunikasi publik
untuk membagi sebagian informasi bisnis atau operasi secara aman kepada
penyalur (supplier), penjual (vendor), mitra (partner), pelanggan dan lain-lain.
Extranet dapat juga diartikan sebagai
intranet sebuah perusahaan yang dilebarkan bagi pengguna di luar perusahaan.
Perusahaan yang membangun extranet dapat bertukar data bervolume besar dengan
EDI (Electronic Data Interchange), berkolaborasi dengan perusahaan lain dalam
suatu jaringan kerjasama dan lain-lain.
Contoh aplikasi yang dapat digunakan untuk extranet adalah Lotus Notes.
Contoh aplikasi yang dapat digunakan untuk extranet adalah Lotus Notes.
PERBEDAAN INTERNET, INTRANET DAN EXTRANET
Internet
Merupakan komunikasi jaringan komunikasi global yang menghubungkan seluruh komputer di dunia meskipun beda sistem oprasi dan mesin.
Merupakan komunikasi jaringan komunikasi global yang menghubungkan seluruh komputer di dunia meskipun beda sistem oprasi dan mesin.
Intranet
Adalah sebuah jaringan koputer berbasis protokol TCP/IP seperti internet, hanya saja digunakan dalam internal perusahaan atau kantor dengan aplikasi berbasis web dan teknologi komunikasi data seperti internet ( bahkan warung internet (warnet) dapat dikategorikan sebagai intranet)
Adalah sebuah jaringan koputer berbasis protokol TCP/IP seperti internet, hanya saja digunakan dalam internal perusahaan atau kantor dengan aplikasi berbasis web dan teknologi komunikasi data seperti internet ( bahkan warung internet (warnet) dapat dikategorikan sebagai intranet)
Ekstranet
Jika sebuah badan usaha atau bisnis mengekspose sebagian dari internal jaringan ke komunitas di luar.
=> Pengertian dari E-Commerce, E-Business, E-Government, E-Learning
E-commerce atau bisa disebut Perdagangan
elektronik atau e-dagang adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran
barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www,
atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana
elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis,
dan sistem pengumpulan data otomatis.
Industri teknologi informasi melihat kegiatan
e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang
berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik,
SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online
(online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction
processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI),
dll.
E-dagang atau e-commerce merupakan bagian
dari e-business, di mana cakupan e-business lebih luas, tidak hanya sekedar
perniagaan tetapi mencakup juga pengkolaborasian mitra bisnis, pelayanan
nasabah, lowongan pekerjaan dll. Selain teknologi jaringan www, e-dagang juga
memerlukan teknologi basisdata atau pangkalan data (databases), e-surat atau
surat elektronik (e-mail), dan bentuk teknologi non komputer yang lain seperti
halnya sistem pengiriman barang, dan alat pembayaran untuk e-dagang ini.
E-commerce pertama kali diperkenalkan pada
tahun 1994 pada saat pertama kali banner-elektronik dipakai untuk tujuan
promosi dan periklanan di suatu halaman-web (website). Menurut Riset Forrester,
perdagangan elektronik menghasilkan penjualan seharga AS$12,2 milyar pada 2003.
Menurut laporan yang lain pada bulan oktober 2006 yang lalu, pendapatan ritel
online yang bersifat non-travel di Amerika Serikat diramalkan akan mencapai
seperempat trilyun dolar US pada tahun 2011.
Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan
e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, tapi
dengan adanya tim manajemen yang handal, pengiriman yang tepat waktu, pelayanan
yang bagus, struktur organisasi bisnis yang baik, jaringan infrastruktur dan
keamanan, desain situs web yang bagus, beberapa faktor yang termasuk:
1. Menyediakan harga kompetitif
2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
4. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
7. Mempermudah kegiatan perdagangan
2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
4. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
7. Mempermudah kegiatan perdagangan
Beberapa aplikasi umum yang berhubungan
dengan e-commerce adalah:
* E-mail dan Messaging
* Content Management Systems
* Dokumen, spreadsheet, database
* Akunting dan sistem keuangan
* Informasi pengiriman dan pemesanan
* Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
* Sistem pembayaran domestik dan internasional
* Newsgroup
* On-line Shopping
* Conferencing
* Online Banking
* Content Management Systems
* Dokumen, spreadsheet, database
* Akunting dan sistem keuangan
* Informasi pengiriman dan pemesanan
* Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
* Sistem pembayaran domestik dan internasional
* Newsgroup
* On-line Shopping
* Conferencing
* Online Banking
Perusahaan yang terkenal dalam bidang ini
antara lain: eBay, Yahoo, Amazon.com, Google, dan Paypal. Untuk di Indonesia,
bisa dilihat tradeworld.com, bhineka.com, fastncheap.com, dll.
5. Pengertian
E-Business
Pengertian e-Business atau definisi e-business adalah kegiatan bisnis yang
dilakukan secara otomatis dan semiotomatis dilakukan dengan menggunakan
teknologi elektronik. E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk
berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal secara lebih
efisien dan fleksibel. E-business juga banyak dipakai untuk berhubungan dengan
suplier dan mitra bisnis perusahaan, serta memenuhi permintaan dan melayani
kepuasan pelanggan secara lebih baik.
Penggunaan sehari-hari, e-business tidak
hanya menyangkut perdagangan elektronik atau e-commerce saja. Dalam hal ini,
e-commerce lebih merupakan sub bagian dari e-business, sementara e-business
meliputi segala macam fungsi dan kegiatan bisnis menggunakan data elektronik,
termasuk pemasaran Internet. Sebagai bagian dari e-business, e-commerce lebih
berfokus pada kegiatan transaksi bisnis lewat www atau Internet. Dengan
menggunakan sistem manajemen pengetahuan, e-commerce mempunyai goal untuk
menambah revenu dari perusahaan.
E-business berkaitan secara menyeluruh dengan
proses bisnis termasuk value chain: pembelian secara elektronik (electronic
purchasing), manajemen rantai suplai (supply chain management), pemrosesan
order elektronik, penanganan dan pelayanan kepada pelanggan, dan kerja sama
dengan mitra bisnis. E-business memberi kemungkinan untuk pertukaran data di
antara satu perusahaan dengan perusahaan lain, baik lewat web, Internet,
intranet, extranet atau kombinasi di antaranya.
5. Pengertian E-Government
Pengertian E-Government atau
definisi E-Government adalah penggunaan
teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan
bagi warganya, urusan bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan
pemerintahan. e-Government dapat diaplikasikan pada legislatif, yudikatif, atau
administrasi publik, untuk meningkatkan efisiensi internal, menyampaikan
pelayanan publik, atau proses kepemerintahan yang demokratis. Model penyampaian
yang utama adalah Government-to-Citizen atau Government-to-Customer (G2C),
Government-to-Business (G2B) serta Government-to-Government (G2G). Keuntungan
yang paling diharapkan dari e-government adalah peningkatan efisiensi,
kenyamanan, serta aksesibilitas yang lebih baik dari pelayanan publik.
E-learning merupakan singkatan dari
Elektronic Learning, merupakan cara baru dalam proses belajar mengajar yang
menggunakan media elektronik khususnya internet sebagai sistem pembelajarannya.
E-learning merupakan dasar dan konsekuensi logis dari perkembangan teknologi
informasi dan komunikasi. Beberapa ahli mencoba menguraikan pengertian
e-learning menurut versinya masing-masing, diantaranya :
Jaya Kumar C. Koran (2002)
e-learning sebagai sembarang pengajaran dan pembelajaran yang menggunakan rangkaian elektronik (LAN, WAN, atau internet) untuk menyampaikan isi pembelajaran, interaksi, atau bimbingan.
e-learning sebagai sembarang pengajaran dan pembelajaran yang menggunakan rangkaian elektronik (LAN, WAN, atau internet) untuk menyampaikan isi pembelajaran, interaksi, atau bimbingan.
- Dong (dalam Kamarga, 2002)
e-learning sebagai kegiatan belajar asynchronous melalui perangkat
elektronik komputer yang memperoleh bahan belajar yang sesuai dengan kebutuhannya.
- Rosenberg (2001)
menekankan bahwa e-learning merujuk pada penggunaan teknologi internet untuk mengirimkan serangkaian solusi yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan
- Darin E. Hartley [Hartley,
2001]
eLearning merupakan suatu jenis belajar mengajar yang memungkinkan tersampaikannya bahan ajar ke siswa dengan menggunakan media Internet, Intranet atau media jaringan komputer lain.
- LearnFrame.Com dalam Glossary
of eLearning Terms [Glossary, 2001]
eLearning adalah sistem pendidikan yang menggunakan aplikasi elektronik untuk mendukung belajar mengajar dengan media Internet, jaringan komputer,maupun komputer standalone.
E-learning dalam arti luas bisa mencakup pembelajaran yang
dilakukan di media elektronik (internet) baik secara formal maupun informal.
E-learning secara formal misalnya adalah pembelajaran dengan kurikulum,
silabus, mata pelajaran dan tes yang telah diatur dan disusun berdasarkan jadwal
yang telah disepakati pihak-pihak terkait (pengelola e-learning dan pembelajar
sendiri). Pembelajaran seperti ini biasanya tingkat interaksinya tinggi dan
diwajibkan oleh perusahaan pada karyawannya atau pembelajaran jarak jauh yang
dikelola oleh universitas dan perusahaan-perusahaan (biasanya perusahaan
konsultan) yang memang bergerak dibidang penyediaan jasa e-learning untuk umum.
E-learning bisa juga dilakukan secara
informal dengan interaksi yang lebih sederhana, misalnya melalui sarana mailing
list, e-newsletter atau website pribadi, organisasi dan perusahaan yang ingin
mensosialisasikan jasa, program, pengetahuan atau keterampilan tertentu pada
masyarakat luas (biasanya tanpa memungut biaya).
7. ARPANET
ARPANET logical map, Maret 1977
ARPANET (Advanced
Research Project Agency Network) adalah jaringan
komputer yang dibuat oleh ARPA (Advanced Research Project Agency)
dari Departemen
Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969.ARPANET difungsikan sebagai sarana percobaan teknologi jaringan komputer terbaru pada zamannya, seperti teknologi packet switching dan menjadi permulaan berdirinya Internet yang ada sekarang.
Network Control Protocol (NCP) merupakan protokol jaringan standar pertama pada ARPANET. NCP disempurnakan dan diluncurkan pada Desember 1990 oleh Network Working Group (NWG), dipimpin oleh Steve Crocker, yang juga penemu Request for Comments [1].
8. DARPA
DARPA adalah badan dari Departemen Pertahanan Amerika
Serikat yang bertanggung jawab untuk pengembangan baru yang digunakan oleh
militer. Nama aslinya ialah Advanced Research Project Agency (ARPA). Perubahan
nama ini terjadi pada tahun 1972 tetapi pada tahun 1993 berganti nama kembali
menjadi ARPA dan akhirnya menjadi DARPA kembali pada tahun 1996. DARPA
terbentuk karena masyarakat politik dan pertahanan mengakui kebutuhan tingkat
tinggi Departemen Pertahanan, Organisasi untuk merumuskan dan melaksanakan
proyek-proyek R & D yang akan memperluas batas-batas teknologi, dan
spesifik dari Layanan Militer dan dari laboratorium mereka. Dalam mencapai misi
ini, DARPA telah mengembangkan dan mengalihkan program teknologi mencakup
berbagai disiplin ilmu yang menangani berbagai macam kebutuhan keamanan
nasional.
Dari 1958-1965, penekanan ARPA yang berpusat pada isu-isu nasional utama,
termasuk ruang, pertahanan rudal balistik, dan deteksi uji coba nuklir. Selama
tahun 1960, semua ruang sipil program perusahaan telah dipindahkan ke National
Aeronautics and Space Administration (NASA) dan program ruang militer untuk
Layanan individu. DARPA ini memungkinkan untuk lebih memfokuskan upayanya pada
bek (pertahanan terhadap rudal balistik), Proyek Vela (deteksi uji coba
nuklir), dan gesit (kontra R & D) Program, dan untuk mulai bekerja pada
pengolahan komputer, ilmu perilaku, dan ilmu bahan.
Selama akhir 1960-an, dengan pengalihan dari program ini matang pada Layanan,
ARPA redefinisi peran dan berkonsentrasi pada satu set beragam relatif kecil,
program penelitian dasarnya eksplorasi. Badan berganti nama menjadi Defense
Advanced Research Projects Agency (DARPA) pada tahun 1972, dan selama awal 1970-an,
ia menekankan program energi langsung, pengolahan informasi, dan teknologi
taktis.
The Mansfield Perubahan tahun 1973 terbatas alokasi jelas untuk riset
pertahanan (melalui ARPA / DARPA) untuk proyek-proyek dengan aplikasi militer
langsung. Beberapa berpendapat bahwa perubahan tersebut hancur sains Amerika,
karena ARPA / DARPA adalah sumber utama pendanaan untuk proyek-proyek ilmu
dasar dari waktu; di National Science Foundation pernah dibuat perbedaan
seperti yang diharapkan.
Dari 1976-1981, tekanan utama DARPA didominasi oleh udara, darat, laut, dan
teknologi ruang, armor taktis dan program anti-lapis baja, inframerah sensing
untuk surveilans berbasis-angkasa, teknologi tinggi energi laser untuk
pertahanan rudal berbasis ruang, melawan kapal selam perang, rudal jelajah
canggih, pesawat canggih, dan aplikasi pertahanan komputasi maju. Ini skala
demonstrasi teknologi program besar bergabung dengan penelitian sirkuit
terpadu, yang mengakibatkan teknologi elektronik submicrometre dan perangkat
elektron yang berevolusi menjadi Integrasi Very Large Scale Integration (
VLSI ) Program dan partikel bermuatan balok program
9. USENET
USENET
merupakan singkatan dari user network dan salah satu jaringan tertua yang
dilayani oleh internet. Awalnya didesain pada Duke University ditahun 1979 dan
dikembangkan pada Duke University dan North Carolia University
setahun kemudian, tujuan utama dari USENET ini adalah untuk bertukar pesan teks
(text message) di antara node (komputer yang terhubung pada jaringan). USENET
telah tumbuh untuk mencakup berbagai macam forum dan juga newsgroup, dalam
jumlah puluhan ribu node yang terhubung.
10. Pengertian Ethernet
Ethernet adalah sistem jaringan
yang dibuat dan dipatenkan perusahaan Xerox. Ethernet adalah implementasi
metoda CSMA/CD (Carrier Sense Multiple Access with Collision Detection)
yang dikembangkan tahun 1960 pada proyek wireless ALOHA di Hawaii University
diatas kabel coaxial. Standarisasi sistem ethernet dilakukan sejak tahun 1978
oleh IEEE. (lihat Tabel 2.)Kecepatan transmisi data di ethernet sampai saat ini
adalah 10 sampai 100 Mbps.
Saat in yang umum ada dipasaran adalah ethernet berkecepatan 10 Mbps yang biasa disebut seri 10Base. Ada bermacam-macam jenis 10Base diantaranya adalah: 10Base5, 10Base2, 10BaseT, dan 10BaseF yang akan diterangkan lebih lanjut kemudian.
Saat in yang umum ada dipasaran adalah ethernet berkecepatan 10 Mbps yang biasa disebut seri 10Base. Ada bermacam-macam jenis 10Base diantaranya adalah: 10Base5, 10Base2, 10BaseT, dan 10BaseF yang akan diterangkan lebih lanjut kemudian.
Pada
metoda CSMA/CD, sebuah host komputer yang akan mengirim data ke jaringan
pertama-tama memastikan bahwa jaringan sedang tidak dipakai untuk transfer dari
dan oleh host komputer lainnya. Jika pada tahap pengecekan ditemukan transmisi
data lain dan terjadi tabrakan (collision), maka host komputer tersebut
diharuskan mengulang permohonan (request) pengiriman pada selang waktu
berikutnya yang dilakukan secara acak (random). Dengan demikian maka
jaringan efektif bisa digunakan secara bergantian.
Untuk
menentukan pada posisi mana sebuah host komputer berada, maka tiap-tiap
perangkat ethernet diberikan alamat (address) sepanjang 48 bit yang unik
(hanya satu di dunia). Informasi alamat disimpan dalam chip yang biasanya
nampak pada saat komputer di start dalam urutan angka berbasis 16, seperti pada
Gambar 3.
48 bit angka agar mudah
dimengerti dikelompokkan masing-masing 8 bit untuk menyetakan bilangan berbasis
16 seperti contoh di atas (00 40 05 61 20 e6), 3 angka didepan adalah kode
perusahaan pembuat chip tersebut. Chip diatas dibuat oleh ANI Communications
Inc. Contoh vendor terkenal bisa dilihat di Tabel 3, dan informasi lebih
lengkap lainnya dapat diperoleh di
http://standards.ieee.org/regauth/oui/index.html
Tabel
3. Daftar vendor terkenal chip ethernet
![]() |
NAMA VENDOR
|
00:00:0C
|
Sisco System
|
00:00:1B
|
Novell
|
00:00:AA
|
Xerox
|
00:00:4C
|
NEC
|
00:00:74
|
Ricoh
|
08:08:08
|
3COM
|
08:00:07
|
Apple Computer
|
08:00:09
|
Hewlett Packard
|
08:00:20
|
Sun Microsystems
|
08:00:2B
|
DEC
|
08:00:5A
|
IBM
|
11. Apple Talk
AppleTalk adalah sebuah protokol
jaringan yang dikembangkan khusus untuk jaringan yang terdiri
atas komputer-komputer Apple Macintosh, yang mengizinkan para penggunanya
untuk saling berbagiberkas dan printer agar dapat diakses oleh
pengguna lainnya. AppleTalk merupakan teknologi yang sudah dianggap usang yang
kini telah digantikan oleh Apple Open Transport, yang juga mendukung
AppleTalk itu sendiri, protokol TCP/IP dan beberapa protokol jaringan
lainnya.
AppleTalk adalah sebuah teknologi
jaringan yang hanya mendukung hingga 254 node untuk tiap
jaringan fisiknya. AppleTalk dapat berjalan di atas protokol LocalTalk, sebuah
antarmuka serial RS-499/RS-422 yang terdapat di dalam komputer
Apple Macintosh. Pada versi AppleTalk Phase II yang lebih baru, protokol yang
didukung pun semakin luas, yakni EtherTalk (untuk konektivitas denganEthernet),
TokenTalk (untuk konektivitas dengan Token Ring), dan FDDITalk (untuk
konektivitas dengan FDDI).
Alamat mesin di dalam jaringan
berbasis AppleTalk secara acak akan diberikan ketika mesin tersebut
dikoneksikan ke jaringan tersebut, dan mesin tersebut akan membuat sebuah paket
yang dikirimkan secara broadcast untuk menjamin bahwa tidak
ada mesin lainnya yang menggunakan alamat tersebut. Pengalamatan dinamis ini
disebut dengan AppleTalk Address Resolution Protocol(AARP).
Internetwork AppleTalk secara logis
dibagi ke dalam beberapa zona di mana fungsi utamanya adalah untuk membuat
sumber daya jaringan lebih mudah untuk diakses oleh pengguna. Sebuah zona
AppleTalk adalah sebuah representasi logis dari beberapa node jaringan
AppleTalk yang dapat terdiri atas beberapa jaringan fisik. Pemetaan antara zona
dan alamat jaringan akan dilakukan oleh protokolZone Information
Protocol (ZIP), yang kemudian membuat Zone Information Table (ZIT)
yang nantinya disimpan di dalam router AppleTalk.
12. Token Ring dan Macam-macam Topologi
Token Ring adalah sebuah cara akses jaringan berbasis teknologi ring yang
pada awalnya dikembangkan dan diusulkan oleh Olaf Soderblum pada tahun 1969.
Perusahaan IBM selanjutnya membeli hak cipta dari Token Ring dan memakai akses
Token Ring dalam produk IBM pada tahun 1984. Elemen kunci dari desain Token
Ring milik IBM ini adalah penggunaan konektor buatan IBM sendiri (proprietary),
dengan menggunakan kabel twisted pair, dan memasang hub aktif yang
berada di dalam sebuah jaringan komputer.
Sambungan komputer dalam topologi
ring
Pada tahun 1985, Asosiasi IEEE di
Amerika Serikat meratifikasi standar IEEE 802.5 untuk protokol (cara akses)
Token Ring, sehingga protokol Token Ring ini menjadi standar internasional.
Pada awalnya, IBM membuat Token Ring sebagai pengganti untuk teknologi Ethernet
(IEEE 802.3) yang merupakan teknologi jaringan LAN paling populer. Meskipun
Token Ring lebih superior dalam berbagai segi, Token Ring kurang begitu
diminati mengingat beaya implementasinya lebih tinggi jika dibandingkan dengan
Ethernet.
Spesifikasi asli dari standar Token Ring adalah kemampuan pengiriman data dengan kecepatan 4 megabit per detik (4 Mbps), dan kemudian ditingkatkan empat kali lipat, menjadi 16 megabit per detik. Pada jaringan topologi ring ini, semua node yang terhubung harus beroperasi pada kecepatan yang sama. Implementasi yang umum terjadi adalah dengan menggunakan ring 4 megabit per detik sebagai penghubung antar node, sementara ring 16 megabit per detik digunakan untuk backbone jaringan.
Beberapa spesifikasi dan standar teknis Token Ring yang lain, seperti enkapsulasi Internet Protocol (IP) dan Address Resolution Protocol (ARP) dalam Token Ring dijelaskan dalam RFC 1042.
Dengan Token-Ring, peralatan network secara fisik terhubung dalam konfigurasi (topologi) ring di mana data dilewatkan dari devais/peralatan satu ke devais yang lain secara berurutan. Sebuah paket kontrol yang dikenal sebagai token akan berputar-putar dalam jaringan ring ini, dan dapat dipakai untuk pengiriman data. Devais yang ingin mentransmit data akan mengambil token, mengisinya dengan data yang akan dikirimkan dan kemudian token dikembalikan ke ring lagi. Devais penerima/tujuan akan mengambil token tersebut, lalu mengosongkan isinya dan akhirnya mengembalikan token ke pengirim lagi. Protokol semacam ini dapat mencegah terjadinya kolisi data (tumbukan antar pengiriman data) dan dapat menghasilkan performansi yang lebih baik, terutama pada penggunaan high-level bandwidth.
Ada tiga tipe pengembangan dari Token Ring dasar: Token Ring Full Duplex, switched Token Ring, dan 100VG-AnyLAN. Token Ring Full Duplex menggunakan bandwidth dua arah pada jaringan komputer. Switched Token Ring menggunakan switch yang mentransmisikan data di antara segmen LAN (tidak dalam devais LAN tunggal). Sementara, standar 100VG-AnyLAN dapat mendukung baik format Ethernet maupun Token Ring pada kecepatan 100 Mbps.
Spesifikasi asli dari standar Token Ring adalah kemampuan pengiriman data dengan kecepatan 4 megabit per detik (4 Mbps), dan kemudian ditingkatkan empat kali lipat, menjadi 16 megabit per detik. Pada jaringan topologi ring ini, semua node yang terhubung harus beroperasi pada kecepatan yang sama. Implementasi yang umum terjadi adalah dengan menggunakan ring 4 megabit per detik sebagai penghubung antar node, sementara ring 16 megabit per detik digunakan untuk backbone jaringan.
Beberapa spesifikasi dan standar teknis Token Ring yang lain, seperti enkapsulasi Internet Protocol (IP) dan Address Resolution Protocol (ARP) dalam Token Ring dijelaskan dalam RFC 1042.
Dengan Token-Ring, peralatan network secara fisik terhubung dalam konfigurasi (topologi) ring di mana data dilewatkan dari devais/peralatan satu ke devais yang lain secara berurutan. Sebuah paket kontrol yang dikenal sebagai token akan berputar-putar dalam jaringan ring ini, dan dapat dipakai untuk pengiriman data. Devais yang ingin mentransmit data akan mengambil token, mengisinya dengan data yang akan dikirimkan dan kemudian token dikembalikan ke ring lagi. Devais penerima/tujuan akan mengambil token tersebut, lalu mengosongkan isinya dan akhirnya mengembalikan token ke pengirim lagi. Protokol semacam ini dapat mencegah terjadinya kolisi data (tumbukan antar pengiriman data) dan dapat menghasilkan performansi yang lebih baik, terutama pada penggunaan high-level bandwidth.
Ada tiga tipe pengembangan dari Token Ring dasar: Token Ring Full Duplex, switched Token Ring, dan 100VG-AnyLAN. Token Ring Full Duplex menggunakan bandwidth dua arah pada jaringan komputer. Switched Token Ring menggunakan switch yang mentransmisikan data di antara segmen LAN (tidak dalam devais LAN tunggal). Sementara, standar 100VG-AnyLAN dapat mendukung baik format Ethernet maupun Token Ring pada kecepatan 100 Mbps.
13. Pengertian FDDI
Fiber
Distributed Data Interface (FDDI) merupakan teknologi jaringan
berkecepatan 100-Mbps dengan menerapkan metode token-passing. FDDI berbeda
dengan teknologi Token Ring yang lama, dengan menerapkan dual-ring yang
menggunaan kabel serat kaca.
FDDI
kebanyakan digunakan sebagai teknologi backbone kecepatan tinggi oleh karena
dukungannya untuk penyediaan bandwidth yang lebih besar daripada kabel
tembaga biasa.
FDDI
menggunakan arsitektur dual-ring dengan lalu lintas pada tiap ringnya saling
berlawanan arah disebut counter-rotating. Arsitektur dual-ring terdiri
dari primary dan secondary ring. Dengan arsitektur demikian, ketika ring primer
ada kegagalan maka jaringan FDDI masih dapat berfungsi dengan secara otomatis
menggunakan ring secondary. Ring primer adalah ring default yang akan digunakan
untuk pengiriman data dan ring secondary akan selalu idle.
Standards FDDI dikembangkan oleh American National Standards Institute
(ANSI) X3T9.5 pada pertengahan tahun 1980an, dan diadopsi oleh International
Organization for Standardization (ISO).
dalam bahasa yang simpel ialah pendistribusian informasi melalui kawat. Wired menggunakan kabel sebagai media penghubung.Singkatnya perangkat tersebut dapat dilihat dan diraba, makanya dari itu disebut juga telekomunikasi fisik.
Diagram Wired
Yang dibutuhkan untuk merakit
jaringan wired:-Kabel UTP
-Konektor RJ 45
-Tang Network
-Switch (jika lebih dari dua komputer)
-Modem(jika mau konek dengan internet)
Kelebihan dari wired: Relatif murah, setting lebih mudah, tingkat keamanan relatif tinggi (karena terhubung langsung serta terpantau hubungannya).
Kekurangan dari wired: Instalasi yang kurang terencana bisa terlihat jorok/acak-acakan dikarenakan kabel yang tidak tertata. Kurang fleksibel jika ada ekspansi.
15. Pengertian wireless
adalah kebalikan dari wired, tidak bisa dilihat, yaitu melalui gelombang. Jaringan nirkabel ini merupakan salah satu media transmisi yang menggunakan gelombang radio sebagai media transmisinya. Data-data digital yang dikirim melalui wireless akan dimodulasikan ke dalam gelombang elektromagnetik.
Media wireless yang umum digunakan adalah dengan menggunakan gelombang radio yang di set untuk bekerja di bidang frekwensi tertentu sesuai dengan standar. Berikut spektrum frekuensinya.
Spectrum
Frequency
Yang dibutuhkan untuk merakit
jaringan wireless:-Wireless Network Adapter
-Macam Wireless Network Adapter:
-USB Wireless Network Adapter
-PCMCIA Wireless Network Adapter
-PCI Wireless Network Adapter
-Modem(jika mau konek dengan internet)
Kelebihan dari wireless: Instalasi bisa lebih rapi, untuk ekspansi relatif lebih mudah/tidak terlalu repot.
Kekurangan dari wireless: Mahal, memerlukan keahlian ekstra untuk manajemennya masih bisa dibajak/disusupi. Perlu enksripsi yang kuat.
No comments:
Post a Comment